pepes ayam buat si kecil

kali ini saya ingin berbagi tentang makanan buat si kecil. si kecil biasanya punya pikiran bahwa makanan yang terlihat penuh bumbu dan berwarna biasanya memiliki rasa yang pedas. Padahal tak semua makanan memiliki rasa pedas. Kita bisa membuat makanan yang terlihat memiliki banyak bumbu tetapi tidak pedas. 
Kita harus berani mencoba berbagai menu masakan yang biasanya terasa pedas bisa dinikmati oleh si kecil dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Karena ini juga bisa kita lakukan untuk memperkenalkan si kecil dengan rasa pedas.
Ayam merupakan bahan makanan yang sangat familiar dengan si kecil. Namun si kecil terbiasa makan ayam goreng saja. Nah sekarang akan saya coba membuat menu yang tadinya terasa pedas bisa dinikmati oleh si kecil. 

PEPES AYAM BUAT SI KECIL

Pepes merupakan salah satu makanan yang kaya akan bumbu. Biasanya bahan utama pepes adalah Ikan, namun kita juga bisa mengganti nya dengan ayam. Karena ayam sangat disukai oleh anak. 
Walaupun pepes biasanya memiliki cita rasa yang pedas, namun kita bisa membuatnya menjadi tidak terlalu pedas dengan memberikan cabai rawit dalam bentuk utuh. Sehingga rasa pedas tidak akan terlalu berasa. 
Bahan  bahan pepes ayam :
a. 1 kg ekor ayam, potong kecil-kecil
b.  1 ikat daun kemangi
c. 3 cm lengkuas, iris-iris tipis kemudian memarkan
d. 2 batang serai, iris tipis kemudian memarkan
e. 3 lembar daun salam, potong masing masing menjadi 2 bagian
f. 1 butir telur
g. 5 buah cabai rawit
h. Daun pisang secukupnya

BACA JUGA : ULAS ULAS LELE 

Bumbu halus pepes ayam:
a. 10 butir bawang merah
b. 3 siung bawang putih
c. 3 cm kunyit
d. 4 butir kemiri
e. 1 sendok makan garam
f. ½ sdt gula
g.  Penyedap rasa secukupnya
h. 3 biji merica

Cara Membuat Resep Masakan Pepes Ayam Bumbu Ulek:
Uleg semua bumbu hingga halus.
Siapkan baskom. Tuangkan Ayam, bumbu halus dan 1 butir telur. Aduk hingga tara dan diamkan selama 15 menit agar bumbu bisa meresap.
 Ambil selembar daun pisang, tata ikan di dalamnya. Tebarkan daun kemangi, serai, lengkuas, dan potongan daun salam. Tambahkan 1 biji cabe rawit utuh. Bungkus dengan menggunakan lidi.
Kukus di atas api kecil hingga matang.




Comments